Kamis, 28 Juni 2012

Profil_Mahasiswa_Ilkom


Profile

Pembentukan Program Studi Ilmu Komputer di FMIPA UNLAM

Dari 49 perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia, hanya 7 PTN yang telah membuka Program Studi Ilmu Komputer (SPMB 2005). Disamping itu di Kalimantan belum satupun PTN yang membuka program studi tersebut. Dengan daya tampung yang masih sedikit dapat diketahui bahwa peminat untuk belajar ilmu komputer cukup tinggi. Sementara itu di Kalimantan peminat tersebut hanya dapat dilayani oleh perguruan tinggi swasta dan lembaga-lembaga pendidikan/ pelatihan. Dengan semakin berkembangnya pembangunan dipelbagai bidang di Kalimantan dan tentunya tidak dapat mengabaikan aspek teknologi informasi, maka diperlukan SDM yang berkompeten dibidang teknologi informasi dan perkembangannya guna memenuhi kebutuhan SDM khususnya di Kalimantan. Semakin banyak dan berkembangannya berbagai industri di Kalimantan menyebabkan terbukanya banyak peluang kerja. Diharapkan dengan adanya Program Studi Ilmu Komputer di Kalimantan Selatan bisa menghasilkan sarjana S1 Ilmu Komputer, yang selanjutnya bisa mendukung perkembangan pembangunan di Kalimantan.

Kebutuhan Tenaga Ahli Komputer dalam Dunia Kerja

Pelbagai instansi dan industri memerlukan tenaga ahli di bidang ilmu komputer untuk menangani bagian pengolahan data dan sistem informasi manajemennya. Terdapat 30 kabupaten/kota pada tiga propinsi (Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur) dan bila diasumsikan pada setiap kota terdapat 20 dinas (setiap dinas minimal memerlukan 2 tenaga ahli komputer) maka dapat diperkirakan kebutuhan tenaga ahli komputer minimal sebanyak 1200 orang. Jumlah tersebut masih belum mencakup kebutuhan untuk lembaga/perusahaan swasta nasional/ asing di Kalimantan dan kebutuhan tenaga pengajar untuk lembaga pendidikan komputer. Selaras dengan perkembangan yang pesat dari teknologi komputer, tentunya kebutuhan SDM yang ahli dalam ilmu juga semakin meningkat. Dari hasil dua kali sosialisasi untuk persiapan pembukaaan Program Studi Ilmu Komputer yang dilakukan FMIPA Unlam menunjukkan bahwa stakeholder memberikan respon positif dan memberikan dukungan sepenuhnya. Disamping itu, mereka siap memberi tempat untuk penelitian, praktek/magang untuk mahasiswa.

Karakteristik Lulusan

Lulusan program pendidikan sarjana ilmu komputer (S-1) yang berfokus pada pengembangan ilmu komputer memiliki karakteristik sebagai berikut : 
  • Mampu mempelajari pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu komputer serta dapat mengikuti perkembangannya dan kuat dalam berpikir kritis dan berpikir analitis.
  • Mempunyai keahlian dan keterampilan dalam menerapkan aplikasi ilmu komputer serta kreatif dalam pengembangannya dan mampu melakukan adaptasi, memiliki kecendekiaan intelektual dan profesionalisme.
  • Memiliki prinsip etika yang kuat dan ketrampilan dalam komunikasi interpersonal dan kerjasama tim.
  • Mampu mendesain dan mengimplementasikan solusi yang dapat meningkatkan kinerja organisasi/perusahaan.
  • Menguasai proses identifikasi masalah, pengolahan data dan informasi, serta pemecahan permasalahan dalam pengambilan keputusan berbasis ilmu komputer.
  • Memanfaatkan aplikasi ilmu komputer dalam mendukung pemberdayaan masyarakat.
  • Melakukan telaah dan publikasi ilmiah yang berkaitan dengan bidang komputer.
  • Melaksanakan penelitian sebagai penerapan metode ilmiah dan sikap ilmuwan serta mampu mengkomunikasikan dan mempertanggungjawabkan hasil penelitian sesuai kaidah keilmuan.
  • Dapat mengikuti perkembangan ilmu komputer dan mampu melakukan aktifitas kreatif dalam menyerap budaya lokal untuk pengembangan ilmu komputer.
  • Memiliki dasar pengetahuan yang kuat untuk melanjutkan pendidikan pasca sarjana.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More